PT KP PRESS – Harga emas naik dan perak sentuh level tertinggi baru, berikut prospeknya. Harga emas logam mulia melonjak ke level tertinggi. Kekhawatiran gelombang kedua virus corona dan tambahan stimulus yang dilakukan pemerintah di seluruh dunia membuat emas diburu.

KONTAK PERKASA FUTURES – Emas berjangka melonjak ke level tertinggi dalam sembilan tahun terakhir. Begitu juga harga perak yang naik ke level tertinggi sejak 2014. Ini terjadi setelah Hong Kong melaporkan kasus tambahan virus dan infeksi baru di negara bagian Victoria, Australia.

PT KONTAK PERKASA – Para pemimpin Uni Eropa menyetujui paket stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menarik ekonomi mereka keluar dari resesi yang disebabkan oleh virus. Perak, yang digunakan dalam produk-produk manufaktur mulai dari panel surya hingga elektronik, mendapat tambahan dorongan dari kekhawatiran pasokan dan taruhan pada lonjakan permintaan industri.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – Kedua logam tersebut adalah yang berkinerja terbaik dalam Indeks Komoditas Bloomberg tahun ini karena investor menuntut keamanan terhadap dampak ekonomi lebih lanjut dari virus tersebut. Suku bunga rendah di tengah kebijakan moneter mudah mendukung daya tarik aset tanpa bunga.

“Untuk emas, ini adalah cerita lama yang sama. Kurs riil terus bergulung lebih rendah dan kami mencapai level yang dekat dengan krisis keuangan global,” Daniel Ghali, ahli strategi komoditas TD Securities seperti dikutip Bloomberg.

“Kami telah melihat bahwa perak telah semakin diperdagangkan sebagai logam industri. Kami pikir permintaan unit marjinal untuk perak datang dari sisi logam industri,” kata Ghali seperti dikutip Bloomberg. Harga emas berjangka untuk pengiriman Agustus kembali naik 0,15% di US$ 1.846,7 per ons troi pada pukul 07.51 WIB setelah pada hari sebelumnya ditutup naik 1,5% menjadi US$ 1.843,90 per ons troi.

Ini adalah harga penutupan tertinggi untuk kontrak paling aktif sejak September 2011. Emas berjangka berada di bawah US$ 100 dari harga tertinggi sepanjang masa di US$ 1.923,70 per ons troi pada tahun 2011. Sementara harga perak pengiriman September melonjak 6,8% menjadi US$ 21,557 per ons troi pada Selasa (21/7). Ini adalah harga penutupan tertinggi sejak Maret 2014. Sampai pukul 7.55 WIB harga perak kembali naik 6,14% di US$ 22,88 per ons troi.

Kenaikan harga perak ini telah diproyeksikan oleh bank dan pedagang yang memperkirakan perak akan terus meningkat karena investor membeli perak. Citigroup Inc. mengatakan dalam sebuah laporan minggu ini harga perak bisa naik ke US$ 25 per ons troi dalam enam hingga 12 bulan ke depan, dengan berpotensi ke US$ 30 per ons troi.

“Perak sekarang memimpin muatan,” kata Stephen Innes, kepala strategi pasar di AxiCorp Ltd. Logam ini mengikuti lintasan yang sama seperti selama krisis keuangan global, katanya. Saat itu, harga turun selama krisis terburuk sebelum rally ke rekor baru mendekati US$ 50 pada 2011.

Source : kontan.co.id