PT KP PRESS – Harga emas naik lebih dari 12% sepanjang kuartal kedua 2020. Harga emas masih merangkak naik setelah kemarin sukses mencapai level tertinggi baru tahun ini. Pada Selasa (30/6) pukul 6.50 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.773,21 per ons troi.

KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas ini naik 0,02% dari posisi kemarin pada US$ 1.772,82. Harga emas menguat dalam empat hari perdagangan berturut-turut. Saat ini, harga emas spot berada di level tertinggi sejak Oktober 2012 atau hampir delapan tahun.

PT KONTAK PERKASA – Sedangkan harga emas berjangka untuk pengiriman Agustus 2020 di Comex berada di US$ 1.784,70 per ons troi. Harga emas ini juga merupakan level tertinggi tahun ini dan level tertinggi sejak kontrak diperdagangkan pada 27 September 2018.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas berjangka melesat 11,79% sepanjang kuartal kedua. Pada periode yang sama, kenaikan harga emas spot mencapai 12,43% dan sebesar 16,87% sejak awal tahun.

“Lonjakan kasus virus corona saat ini sebagian besar Amerika Serikat (AS) menyebabkan pasar cenderung panik sehingga menopang kenaikan harga emas,” kata Bob Habekorn, senior market strategist RJO Futures kepada Reuters.

Habekorn menambahkan bahwa ada pengalihan dana ke emas sejak pekan lalu. “Tapi saat ini para trader menunggu seperti apa kinerja pasar saham,” imbuh dia.

Jika pasar saham tertekan aksi beli, harga emas bisa naik lebih tinggi. Investor pasar saham masih melihat stimulus moneter dan fiskal sebagai penopang kenaikan harga.

Di sisi lain, Stephen Innes, chief market strategist AxiCorp mengatakan bahwa inflasi yang rendah, bahkan sangat tipis bisa memudarkan kenaikan harga emas.

Lepas tengah siang, harga emas spot bergerak di US$ 1.772,70 per ons troi

Harga emas bergerak mix. Senin (29/6) pukul 13.45 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.772,70 per ons troi, naik 0,08%  dari penutupan sebelumnya.

Pergerakan harga emas didorong oleh kenaikan jumlah kasus virus corona di seluruh dunia, yang memicu kekhawatiran keterlambatan pemulihan ekonomi global.

Mengutip Reuters, jumlah kasus virus corona secara global telah mencapai 10 juta kasus, dengan jumlah kematian setengah juta orang.

Kasus Covid-19 kembali meningkat di tiga negara bagian AS dengan penduduk terpadat yakni California, Texas dan Florida.

Jumat pagi, Gubernur Texas Greg Abbott menunda rencana pembukaan kembali negara bagian itu dan memerintahkan sebagian bar besar ditutup.

Source : kontan.co.id