PT KP PRESS – Harga emas turun, dipicu harapan stimulus ekonomi AS. Harga emas dibuka koreksi setelah naik tinggi dalam beberapa hari terakhir. Rabu (11/3) pukul 07.50 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2020 di Commodity Exchange ada di US$ 1.653,50 per ons troi, turun 0,40% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.660,30 per ons troi.

KONTAK PERKASA FUTURES – Koreksi harga emas dipicu oleh penguatan dolar AS di tengah harapan stimulus yang akan digelontorkan pemerintah AS untuk menangkal efek virus corona. Mengutip Reuters, Presiden AS Donald Trump berjanji akan meminta Kongres untuk memotong pajak gaji dan langkah-langkah stimulus utama pada Selasa (10/3) demi meringankan beban ekonomi akibat efek virus corona.

PT KONTAK PERKASA – Pada Selasa pagi, Trump mengatakan industri pelayaran dan maskapai penerbangan akan mendapat bantuan, tetapi tak merinci lebih lajut. “Mereka adalah dua industri besar dan kami akan membantu mereka melalui bagian ini,” kata Trump di Gedung Putih.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – “Pasar menjadi sedikit tegang. Risiko mulai menyala karena kebijakan fiskal keluar dari AS dan Jepang yang negatif untuk emas dalam jangka pendek,” kata Stephen Innes, kepala strategi pasar AxiCorp seperti dikutip Reuters. Menteri ekonomi Jepang mengatakan pemerintahnya tidak akan ragu untuk mengambil langkah yang perlu dan memadai untuk mengimbangi efek pada ekonomi domestik akibat penyebaran virus corona.

Seorang pejabat Kementerian Keuangan Jepang mengatakan sedang melakukan kontak dengan pemerintahan Trump, yang menyusun suatu paket ekonomi. “Ini hanyalah awal dari apa yang disebut efek domino dan saya berharap pemerintah Asia lainnya akan ikut langkah kunci dengan paket serupa,” kata Innes.

Source : kontan.co.id