PT KP PRESS – Harga emas naik ke US$ 1.855 per ons troi, ditopang harapan stimulus AS. Harga emas berbalik menguat tipis dan menuju level tertinggi dalam satu minggu berkat penguatan tajam di sesi sebelumnya. Harga emas kembali menguat setelah meningkatnya harapan untuk stimulus Amerika Serikat (AS) lebih lanjut dan jelang keputusan kebijakan Federal Reserve.

KONTAK PERKASA FUTURES – Rabu (16/12), harga emas spot naik 0,1% menjadi US$ 1.855,71 per ons troi. Harga emas mulai mendekati level tertinggi sejak 9 Desember saat berada di US$ 1.857,89 per ons troi. Serupa, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari 2021 juga melesat 0,3% menjadi US$ 1.860,30 per ons troi.

PT KONTAK PERKASA – “Pasar hanya mendambakan apa pun dalam kaitannya dengan paket stimulus AS dan berita bahwa beberapa bipartisan muncul di malam ini yang mengangkat ekspektasi inflasi, menguntungkan emas,” jelas analis IG Market Kyle Rodda. Para pemimpin puncak Kongres AS bertemu Selasa malam, mencoba untuk mengakhiri kebuntuan pada bantuan virus corona dengan satu anggota parlemen mengatakan pembicaraan bergerak “ke arah yang benar”.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – Investor sekarang menunggu pernyataan kebijakan terakhir dari Federal Reserve untuk tahun ini. Investor pun berharap The Fed masih mempertahankan bunga rendah yang berada di dekat nol dan memberi sinyal ke mana suku bunga akan bergerak di tahun-tahun mendatang.

“Bahan ajaib yang tidak mungkin bisa melihat harga emas terbang akan terjadi jika Fed berpotensi memberikan kurva hasil program kontrol untuk menjaga suku bunga bebas risiko tetap rendah,” lanjut Rodda.

Namun penguatan emas emas tertahan oleh berita bahwa vaksin Covid-19 Moderna Inc.tampaknya akan mendapatkan lampu hijau dari otoritas AS untuk digunakan

Sementara minat spekulatif terhadap emas telah memudar sebagai pedagang bergeser ke ekuitas. Namun kombinasi dari stimulus tambahan dan pembelian aset oleh Fed akan menghidupkan kembali kepercayaan terhadap emas, ungkap Avtar Sandu, manajer komoditas senior di Phillip Futures, mengatakan dalam sebuah catatan.

Harga emas koreksi tipis ke US$ 1.852 per ons troi pada perdagangan pagi ini (16/12)

Harga emas kembali melemah pada perdagangan hari ini. Sentimen negatif yang membebani harga emas datang dari kemajuan pesat dalam peluncuran vaksin yang memicu harapan kebangkitan ekonomi yang lebih cepat. Di saat yang sama, investor terus mencermati pembicaraan terkait paket stimulus dan pernyataan kebijakan dari Federal Reserve.

Rabu (16/12) pukul 08.30 WIB, harga emas spot melemah 0,1% menjadi US$ 1.852,01 per ons troi, setelah melonjak 1,4% di sesi sebelumnya.

Sementara itu, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Januari 2021 sedikit berubah ke level US$ 1.855,6 per ons troi.

Emas mendapatkan tekanan setelah otoritas peraturan di Amerika Serikat (AS) memberikan lampu hijau untuk penggunaan vaksin Covid-19 dari Moderna Inc di pekan ini. Di sisi lain, peluncuran vaksinasi yang baru disetujui negara itu diperluas.

Hal berbeda terjadi di Eropa. Di mana sebagian besar negara masih memberlakukan pengetatan wilayah demi menghambat penyebaran virus corona saat musim dingin. Sejumlah negara pun mulai mempercepat proses persetujuannya untuk vaksin Covid-19.

Di sisi lain, para pimpinan puncak Kongres AS setuju untuk bertemu lagi pada Selasa malam setelah putaran awal pembicaraan, untuk mencoba menyelesaikan tagihan pendanaan pemerintah dan mengakhiri kebuntuan terkait bantuan virus corona.

Sedangkan Federal Reserve diharapkan mempertahankan suku bunga rendah yang kini disematkan di dekat nol dan untuk memberi sinyal ke mana arah suku bunga untuk tahun-tahun mendatang pada pertemuan kebijakan terakhir tahun ini.

Banyak analis juga mengharapkan pedoman baru tentang berapa lama The Fed akan mempertahankan program pembelian obligasi secara besar-besaran.

Source : kontan.co.id