KONTAK PERKASA FUTURES – Pamor Internet Explorer (IE) tampaknya kian merosot. Setelah takluk oleh Chrome, kini browser besutan Microsoft itu tersalip Firefox.

Adalah StatCounter, lembaga riset ini baru saja merilis laporan jumlah pengguna browser di seluruh dunia mulai awal tahun hingga Maret lalu. Dari laporan tersebut terlihat porsi IE besutan Microsoft kian tergerus.

Pada Januari lalu, IE menguasai 16,6% pengguna keseluruhan. Jumlah tersebut menurun menjadi 15,8% pada Februari dan berlanjut menjadi 15,5% pada Maret.

Kondisi yang sama dialami Firefox. Browser besutan Mozilla ini juga mengalami penuruan. Tapi yang mengagetkan terjadi pada bulan Maret 2016.

Pada akhir kuartal satu, Firefox berhasil mengambil alih posisi kedua sebagai browser terbanyak yang digunakan umat manusia. Mereka menguasai 15,6% pasar.

Sayangnya perolehan ini terpaut jauh dengan Chrome. Browser besutan Google ini mendominasi 60,5% pasar. Angka tersebut menanjak dari dua bulan sebelumnya, sehingga mahkota raja browser belum akan berpindah.

Sementara Opera dan Safari masih stagnan. Dilansir dari Neowi, Kamis (19/5/2016), bila digabungkan, kedua browser ini hanya meraih 8,4% di bulan Maret. Perolehan tersebut sama seperti bulan Januari dan Februari.

Source : detik.com