KontakPerkasa Futures – Euro pangkas gain mingguan setelah investor kembali terfokus pada kelanjutan negosiasi dana bailout Yunani setelah sebelumnya tertuju pada perkiraan pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve.

Euro naik 0,1% menjadi $ 1,0670 pada pukul 9:05 pagi di Tokyo, setelah turun sebanyak 2,3% pada Kamis kemarin. Euro sempat melonjak sampai ke level tertinggi $ 1,1043 pada hari Rabu lalu pasca rapat The Fed. Mata uang bersama 19 negara tersebut masih siap untuk kenaikan 1,7% selama pekan ini, kenaikan pertama dalam lima minggu terakhir. Euro sedikit berubah terhadap yen di level 128,88.

Perdana menteri Yunani, Tsipras telah bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Francois Hollande dan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi pada Kamis malam di Brussels saat ia berusaha tetap mempertahankan pendanaan untuk Yunani. Imbal hasil obligasi Yunani melonjak ke level tertinggi dalam hampir dua tahun pada hari Kamis kemarin setelah ECB mengabulkan hanya sebagian dari permintaan pejabat Yunani untuk penambahan dana darurat.(frk)

Sumber: Bloomberg