KontakPerkasa Futures – Emas gelar penurunan mingguan keempat pasca Yunani dan menteri keuangan Eropa mencapai kesepakatan sementara terkait program bailout Yunani, membatasi permintaan untuk aset safe haven.

Bullion untuk pengiriman segera ditransaksikan pukul $1,202.22 per ons pada pukul 9:08 pagi di Singapura dari level $1,201.94 pada jumat lalu, menurut harga generik Bloomberg. Logam ini turun sebesar 2,3 persen pekan lalu di tengah spekulasi bahwa Yunani akan menyetujui kesepakatan bailout.

Emas catat kerugian mingguan terpanjang sejak September 2013 lalu. Kesimpulan akhir pembicaraan di Brussels pada jumat lalu menyepakati untuk memperpanjang bailout selema empat bulan kedepan. Yunani kini memiliki waktu sampai akhir hari Senin ini untuk menyelesaikan daftar kebijakan sebagai imbalan atas dana lanjutan, dan kepala keuangan kemudian akan memutuskan apakah usulan dianggap cukup jauh atau akan memicu putaran lain dari negosiasi darurat.

Kebijakan baru di Yunani tetap tunduk pada validasi oleh Dana Moneter Internasional, Bank Sentral Eropa dan Komisi Eropa. kesepakatan harus disetujui, juga akan dimasukkan ke parlemen nasional.

Emas untuk pengiriman April turun 0,3 persen ke level $1,201.60 per ons di Comex di New York.

Perak untuk pengiriman segera mendatar pada level $16,2623 per ounce, mendekati level terendah dalam tujuh pekan terakhir. Spot platinum naik sebesar 0,2 persen ke level $1,167.63 per ons, pasca jatuh pada hari Jumat ke level $1,156.63, level terendah sejak 2009 lalu. Palladium naik sebesar 0,2 persen ke level $782 per ons. (izr)

Sumber: Bloomberg