Emas turun ke level terendahnya dalam lebih dari 8 bulan terakhir seiring rilis data AS melampaui perkiraan diperkuat harapan untuk biaya pinjaman yang lebih tinggi, sementara dolar meningkat. Platinum tenggelam ke level terendahnya sejak Juni 2013 lalu, sedangkan paladium dan perak turun.

Emas untuk pengiriman segera turun sebesar 0,8 persen ke level $ 1,207.04 per ons, level terendahnya sejak 2 Januari lalu, dan ditransaksikan di level $ 1,208.28 pukul 08:20 pagi waktu London, menurut Bloomberg harga generik. Sementara logam melemah sebesar 0,6 persen memangkas kenaikan pada tahun ini.

Bullion menuju penurunan pada kuartalan pertama tahun ini seiring Indeks Spot Dollar Bloomberg naik ke level 4 tahun tertingginya. Pejabat Federal Reserve pekan lalu menaikkan perkiraan suku bunga bahkan saat mereka mempertahankan janji untuk mempertahankan suku bunga rendah untuk waktu yang cukup untuk membantu pemulihan ekonomi. Rilis data kemarin menunjukkan penjualan rumah baru AS melonjak pada bulan Agustus lalu, dan Goldman Sachs Group Inc sesuai dengan perkiraan emas menurun pada tahun ini.

Goldman Sachs Jeffrey Currie mempertahankan perkiraan emas melemah ke level $ 1.050 pada akhir tahun 2014. Dukungan terhadap emas dari ketidakpastian meredamnya politik di Ukraina dan Timur Tengah pada awal tahun ini, dan inflasi diperkirakan melemah, menurut Currie, ketua penelitian komoditas. (knc)

Sumber : Bloomberg