Kontakperkasa Futures – Emas berada di level kenaikan tertajam bulanan dalam tiga tahun terakhir karena rilis data dari China dan Amerika Serikat yang meleset dari estimasi ditambah tanda-tanda ekonomi global yang goyah, sehingga mendukung permintaan untuk aset haven.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan pada level $ 1,281.18 per ons pada pukul 9:50 pagi di Singapura dari level $ 1,283.79 pada 30 Januari, ketika harga menyelesaikan penguatan bulanan sebesar 8,4% untuk awal terbaik di setahunterakhir sejak 2012, menurut harga Bloomberg. Logam ini naik pada 22 Januari ke level tertinggi lima bulan bearada di level $ 1,307.62.

Emas membukukan gain bulanan back-to-back pertama bulan Januari dalam setahun seiring aset dalam produk yang diperdagangkan di bursa melonjak 4,1%,yang tertajam sejak Juli 2011. Data pekan ini mungkin menunjukkan pengusaha di AS terus menambah pekerja di bulan Januari, sementara manufaktur mungkin dimoderasi. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, di kantor selama sekitar satu minggu, mencari kesepakatan baru dengan kreditur pemerintah ditengah kekhawatiran bahwa kegagalan untuk mencapai kesepakatan dapat memacu negara tersebut untuk keluar dari zona euro euro.(yds)

Sumber: Bloomberg