Emas memperpanjang kenaikan dari level terendah sejak Januari lalu karena investor mengkaji kesehatan ekonomi AS jelang Federal Reserve memulai pertemuan kebijakan pada hari rabu besok.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebesar 0,4 persen ke level $ 1,238.58 per ons, dan diperdagangkan pada level $ 1,236.86 pukul 12:02 siang di Singapura, menurut harga Bloomberg. Logam turun kemarin pada level $ 1,225.67, merupakan level terendah sejak 9 Januari lalu, sebelumnya logam menguat sebesar 0,3 persen. Dalam 14 hari RSI logam berada di bawah 30 tingkat dalam hari ketiga kemarin, menandakan bahwa harga logam mungkin siap untuk rebound.

Emas menuju kerugian kuartalan pertamanya di tahun ini karena Indeks Dollar Bloomberg Spot naik pada spekulasi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga pasca mengakhiri program pembelian obligasi. Logam mulia menghentikan reli dalam 12 tahun terakhir pada tahun 2013 kemarin terkait bank sentral siap untuk mengurangi pembelian bulanan, yang telah dilakukan sebanyak enam kali pada tahun 2014 ini. The Federal Open Market Committee akan melakukan pertemuan pada hari ini pasca rilis data kemarin yang menunjukkan produksi industri turun pada bulan Agustus kemarin untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan terakhir.

Emas untuk pengiriman Desember berada di level $ 1,237.30 per ons lebih tinggi dibandingkan $ 1,235.10 di Comex kemarin, ketika harga emas turun ke level $ 1,226.30,merupakan level  terendahnya sejak Januari lalu, sebelum mengalami rebound. Holdings di SPDR Gold Trust, exchange-traded fund bullion- backed, pekan lalu mengakhiri dua pekan penurunannya. (vck)

Sumber: Bloomberg