KONTAK PERKASA FUTURES – Emas atau logam mulia dikenal sebagai investasi paling menguntungkan dan paling aman. Namun, banyak orang yang kurang memahami fluktuasi atau ketidak tepatan harga emas. Dalam hal berinvestasi, emas sangat berdampak terhadap pasar mata uang dunia. Beberapa mata uang dunia yang mempengaruhi harga emas yaitu CHF (Swiss), AUD (Australia), CAD (Canada) dan NZD (New Zealand). Pemahaman terhadap pasar mata uang perlu jika ingin memulai berinvestasi di emas, terlebih lagi jika investasi ini menjadi pengukur dalam perencanaan finansial anda.

Selain itu mengenal dan memantau gejolak perekonomian dunia juga perlu, agar anda bisa lebih selektif dalam menentukan posisi transaksi anda. Sebagai contoh negara Australia yang merupakan negara penghasil emas terbesar ketiga di dunia sehingga menjadi penyebab pasti terhadap guncangan harga emas dunia. Hal yang menjadi korelasi tentunya pada nilai tukar mata uang pair AUD/USD. Pergerakan harga emas dan nilai tukar AUD/USD yang memiliki korelasi positif.

 

Pentingnya Memahami Grafik Harga Emas

Selain mengetahui tren perekonomian dan pertukaran nilai mata uang global, untuk mengatur perencanaan finansial agar menjadi lebih baik, sebaiknya anda juga memahami grafik fluktuasi harga emas. Grafik harga emas digunakan untuk mengetahui nilai beli emas hari ini. Menggunakan grafik juga memperjelas kecenderungan peningkatan nilai emas dari waktu ke waktu. Grafik sebagai acuan dalam berinvestasi untuk mengetahui kenaikan harga emas, sehingga dapat merencanakan strategi dan langkah apa yang harus diambil dalam menentukan keputusan yang tepat.

Oleh karena itu sebelum menentukan posisi jual atau beli sebaiknya terlebih dahulu melihat grafik harian harga emas. Perusahaan pertambangan Indonesia PT. Aneka Tambang yang juga memproduksi emas batangan, merupakan pilihan investasi bagi anda yang ingin membeli emas. Kualitas emas yang dihasilkan Antam terjamin keasliannya dengan adanya sertifikat keaslian dari LBMA. Dalam perencanaan finansial anda, emas Antam bisa menjadi alternatif pilihan dalam berinvestasi.

Untuk harga emas Antam, anda juga bisa melihat dari grafik pergerakan harga emas apakah cenderung meningkat atau turun harga. Jika harga emas turun, maka kesempatan anda untuk membeli emas terbuka lebar. Namun sebaiknya jangan membeli emas sekaligus dengan modal anda, strategi yang baik adalah dengan membeli secara bertahap.

Investasi emas memang menjadi pilihan terbaik dalam mengatur perencanaan finansial anda, disamping memiliki risiko yang kecil, investasi emas memiliki keuntungan yang relatif besar. Faktor penyebab keuntungan tersebut, karena peningkatan emas dai tahun ke tahun relatif stabil dengan fluktuasi yang kecil. Hal tersebut dapat dilihat pada grafik harga emas. Keuntungan lain dari investasi emas, adalah mudah dijual atau dikonversi tidak seperti investasi yang sifatnya riil, sehingga mudah dicairkan.

 

Nilai emas mengalami pergerakan harga yang meningkat pada jangka panjang sehingga keuntungan dapat dilihat setelah lebih dari 2 tahun, yang dapat dilihat dari grafik tahunan harga emas. Berbeda halnya dengan investasi valas atau saham yang termasuk investasi jangka pendek. Pertumbuhan keuntungan emas relatif lambat namun dalam jangka waktu yang lama relatif stabil. Maka dari itu penting memahami dengan baik grafik harga emas, karena dapat dilihat peningkatan harga emas dalam waktu yang lama.

Sebagai perencanaan finansial anda kedepannya, berinvestasi emas merupakan pilihan terbaik. Anda dapat memantau harga emas dari berbagai referensi di internet, sehingga memudahkan anda bertransaksi. Saat melihat grafik harga emas meningkat, sebaiknya menjual emas anda untuk memperoleh keuntungan lebih. Pentingnya memahami fluktuasi harga emas melalui grafik, akan memudahkan anda mengambil keputusan bertransaksi dengan baik.