Kontakperkasa Futures – Emas berjangka ditutup dengan reli terpanjang dalam lebih dari enam bulan terakhir karena keputusan Swiss untuk memisahkan mata uangnya dari euro sehingga mengguncang pasar mata uang, mendorong permintaan untuk logam sebagai aset safe heaven.

Swiss National Bank tiba-tiba membatalkan kebijakan tiga tahun atas franc Swiss terhadap euro, sepekan jelang pertemuan para otoritas Eropa guna membahas stimulus baru. Indeks Bloomberg Spot Dollar, yang menelusuri mata uang AS terhadap 10 mata uang utama, jatuh untuk hari keduanya, memicu permintaan untuk emas sebagai aset alternatif.

Emas telah naik 6,8% tahun ini terakit tanda-tanda deflasi dan pertumbuhan ekonomi yang stagnan memacu spekulasi bahwa Federal Reserve akan menahan untuk menaikkan suku bunga AS. Permintaan untuk logam akan rebound pada tahun 2015 setelah dua penurunan tahunan secara beruntun seiring meningkatnya konsumsi emas di Asia dan investor kembali ke produk yang diperdagangkan di bursa didukung oleh emas, menurut HSBC Securities (USA) Inc

Emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 2,5% untuk menetap di level $ 1,264.80 per ons pada pukul 1:44 siang di New York Comex, setelah menyentuh level $ 1,267.20, yang tertinggi sejak 8September lalu. Harga mencatat kenaikan untuk sesi kelima secara beruntun, yang merupakan reli terpanjang sejak  25Juni.(yds)

Sumber: Bloomberg