KONTAK PERKASA FUTURES –¬†S&P 500 naik ke titik tertinggi dalam lebih dari lima bulan dan Dow jones naik untuk sesi kelima pada hari Rabu. Laporan pendapatan yang solid mendorong saham keuangan dan industri dan memperkuat ekspektasi pelaku bursa terhadap musim pelaporan kuartal kedua yang kuat.

Penghasilan optimis dari perusahaan kereta api CSX Corp dan maskapai United Continental membantu mengangkat indeks industri S & P 500 yang naik 1,1% dan termasuk di antara sektor berkinerja terbaik pada hari itu.

Dow Jones Transport Average melonjak 2,3%, kenaikan harian terbesar dalam tiga bulan.

Meskipun masih di awal periode pelaporan, perkiraan untuk musim penghasilan AS meningkat karena semakin banyak perusahaan merilis hasil.

Pendapatan S&P 500 sekarang diperkirakan akan meningkat 21,4% pada kuartal kedua, naik dari perkiraan 20,7% pada 1 Juli. Dari 48 perusahaan dalam indeks yang telah melaporkan kinerja mereka sejauh ini, sebanyak 87,5% membukukan laba di atas ekspektasi analis.

“Kita telah melakukan reli yang sangat bagus ini,” kata Wayne Kaufman, kepala analis pasar di Phoenix Financial Services di New York. “Alasannya adalah penghasilan dan penilaian.”

“Saya pikir pasar akan jauh lebih tinggi sekarang jika tidak khawatir tentang perdagangan,” kata Kaufman.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 79,4 poin (0,32%) menjadi 25.199,29. S&P 500 naik 6,07 poin (0,22%) menjadi 2,815.62. Adapun Nasdaq Composite turun 0,67 poin (0,01%) menjadi 7.854,44.

Data menunjukkan pasar perumahan AS terus menjadi titik lemah ekonomi. Perumahan mulai turun 12,3% pada bulan Juni ke level terendah sembilan bulan karena para kontraktor berjuang dengan harga kayu yang lebih tinggi dan kekurangan lahan dan tenaga kerja yang terus-menerus.

Nilai pasar saham Amazon.com mencapai US$ 900 miliar untuk pertama kalinya, menandai tonggak utama dalam lintasan 21 tahun sebagai perusahaan publik dan mengancam Apple sebagai permata paling berharga Wall Street.

Berkshire Hathaway memimpin sektor keuangan lebih tinggi, naik 5,3% di tengah berita bahwa perusahaan menghilangkan pembatasan pada kemampuannya untuk membeli kembali sahamnya sendiri.

Saham Morgan Stanley naik 2,8% setelah bank investasi melaporkan laba kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.

Saham Google induk Alphabet beringsut lebih rendah setelah regulator antitrust Uni Eropa memukul perusahaan teknologi dengan rekor denda US$ 5 miliar.

S&P 500 membukukan 30 tertinggi 52-minggu baru dan tidak ada posisi terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 102 tertinggi baru dan 47 terendah baru.

Source : kontan.co.id