Kontakperkasa Futures – Dollar naik, mencapai level tujuh tahun tertinggi terhadap yen, pasca laporan yang menunjukkan kenaikan penjualan ritel dan kepercayaan konsumen mendorong pertumbuhan optimisme ekonomi AS yang sedamg mengumpulkan momentum.

Euro naik dan yen pangkas kerugian mingguan seiring obligasi imbal AS jatuh sebelum pertemuan puncak G20 besok. Real Brasil jatuh ke level terendahnya dalam sembilan tahun terakhir terkait atas dugaan korupsi dan pencucian uang di produsen minyak milik pemerintah tersebut. Swiss franc menuju penguatan mingguan keenam terhadap euro dan mendorong spekulasi bank sentral Swiss akan melakukan intervensi untuk mempertahankan mata uangnya.

Dolar naik sebesar 0,5 persen ke level 116,29 yen pukul 17:00 sore waktu New York, dan level 116,82, level tertinggi sejak Oktober 2007 lalu. Dolar turun sebesar 0,4 persen ke level $1,2525 per euro. Euro menguat sebesar 0,9 persen ke level 145,67 yen.

Dolar naik sebesar 8 persen tahun ini, kenaikan terkuat di antara 10 mata uang negara berkembang pasar dilacak oleh Bloomberg Correlation-Weighted. Euro telah anjlok sebesar 2,6 persen sementara yen telah melemah sebesar 3,3 persen. (izr)

Sumber: Bloomberg