Kontakperkasa Futures – Dolar mengalami kenaikan terhadap mata uang utama dan indeks berjangka Jepang menguat setelah laporan yang melampaui perkiraan terhadap perekonomian AS mengirim indeks saham acuan ke rekor tertingginya. Sementara minyak di New York tergelincir setelah kemarin rebound.

Dolar AS berada di level 120,70 yen pukul 08:52 pagi waktu Tokyo, setelah pangkas kenaikan hari kelima. Indeks Nikkei 225 Stock Average berjangka naik 1,3 % mengajukan penawaran di pre-market Osaka, dengan perdagangan lokal Jepang dibuka kembali pasca liburan. Saham Australia dan Selandia Baru sedikit berubah. Indeks Dow Jones Industrial Average turun kurang dari 0,1 % setelah saham AS melonjak melampaui 18.000 poin untuk pertama kalinya. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) melemah 0,6 % ke level $ 56,76 per barel setelah melonjak 3,4 % pada sesi terakhir.

Ekonomi AS memperluas kenaikan tahunan sebesar 5 % pada kuartal ketiga, mengalahkan perkiraan tertinggi di antara 75 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg dan menunjukkan pickup berkelanjutan di Amerika Serikat dapat membantu meringankan perlambatan ekonomi global. Saham telah menguat sejak pertengahan pekan lalu, ketika Federal Reserve berjanji bersabar pada waktu yang lama untuk menaikan suku bunga. Shinzo Abe akan dilantik sebagai perdana menteri Jepang oleh parlemen hari ini, sementara pasar perdagangan termasuk Australia dan Hong Kong tutup lebih awal. (knc)

Sumber : Bloomberg