KONTAK PERKASA FUTURES – Dalam dua pekan terakhir, nilai tukar rupiah bergerak melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Dolar AS menembus level Rp 13.600. Ini dinilai hanya bersifat sementara.

“Ini hanya bersifat sementara,” kata Ekonom Bank Permata Joshua Pardede dalam acara diskusi di Hotel Aryaduta, Lippo Karawaci, Tangerang, Sabtu (28/5/2016).

Salah satu penyebabnya adalah besarnya kemungkinan kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) pada Juni mendatang yang langsung direspon oleh investor. Banyak investor yang kemudian membawa dana ke luar dari Indonesia.

“Banyak trader yang melakukan aksi jual beli, tapi saya yakin ini hanya sementara,” jelasnya.

Pelemahan rupiah secara drastis sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Saat rencana kenaikan suku bunga AS untuk pertama kali sejak terjadinya krisis keuangan pada 2008.

“Kenaikan di awal itu lebih hebih dibandingkan sekarang,” tegas Joshua.

Penyebab lain pelemahan rupiah adalah tingginya permintaan dolar AS di dalam negeri untuk pembayaran utang luar negeri dan dividen. Hal ini hanya berlangsung pada periode-periode tertentu setiap tahunnya.

Joshua menambahkan, Indonesia cukup diuntungkan dengan data-data ekonomi yang cukup baik. Baik dari sisi pertumbuhan ekonomi, inflasi maupun defisit transaksi berjalan (current account deficit).

“Jadi real money itu di pasar keuangan masih cukup solid. Jadi rupiah walaupun ada pelemahan akibat masalah ekternal tapi lebih stabil,” imbuhnya.

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Leo Putra Rinaldy, ekonom Mandiri Sekuritas. Menurutnya investor hanya ingin memastikan waktu, karena sebenarnya sudah pasti suku bunga acuan naik.

“Masalah kenaikan suku bunga itu sudah menjadi espektasi sebelumnya. Kalau timing itu tadi sudah diperkirakan akan terjadi pada semester kedua, tapi ternyata datang lebih awal,” papar Leo

“Bagaimana outflows setelah suku bunga AS naik, itu sebenarnya market sudah priced in. Pelemahan nilai tukar itu reaksi probabilitas kenaikan suku bunga. Jadi nggak akan semua keluar,” terang Leo pada kesempatan yang sama.

Source : detik.com