KONTAK PERKASA FUTURES – Berada di titik pertemuan Sungai Logung dan Sungai Gajah, Bendungan Logung semakin menampakkan wujudnya. Pembangunannya tersebut bahkan dilaporkan lebih cepat dari rencana jadi diharapkan bisa beroperasi lebih cepat pula.

“Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 26%,” jelas Kepala Pusat Bendungan Imam Santoso kepada kami, Rabu, 15 Juni 2016.

Di lokasi, pembangunan yang sudah selesai adalah terowongan saluran pengelak sepanjang 370 meter. Fisiknya adalah Box Culvert berukuran 3,5 meter x 3,5 meter.

Dengan selesainya terowongan ini, maka aliran sungai dapat dialihkan. “Dan kita bisa memasuki proses pembangunan tapak bendungannya,” kata dia.

Pembangunan tapak bendungan dapat dimulai dengan melakukan galian bagi pembangunan pondasi tubuh bendungan yang berada sepanjang 338,43 meter. Tubuh bendungan sendiri dapat dibangun berupa dinding raksasa yang tingginya mencapai 55,2 meter.

Luas area genangan yang direncanakan hingga 144,06 hektar jadi total kapasitas daya tampung saat bekerja nanti bisa mencapai 20,15 juta meter kubik air.

“Kalau kita lihat, hasilnya jauh lebih cepat dari rencana. Jika perkembangannya bisa dipertahankan begini terus, target operasi 2019 bisa maju satu tahun. 2018 sudah bisa operasi,” kata dia.

Source : detik.com