PT KONTAK PERKASA – Deklarasi kemerdekaan yang diumumkan Catalonia atas Spanyol memperbaiki pergerakan harga emas. Setelah mengalami pelemahan sampai pada sesi Eropa, akhirnya komoditas logam mulia itu ditutup menguat. Rupanya sifat emas sebagai aset lindung menjadi katalis positif yang mendorong penguatan harga.

Mengutip Bloomberg, pada penutupan perdagangan Jumat (27/10) harga emas kontrak pengiriman Desember 2017 tercatat menguat 0,17% ke level US$ 1.271,80 per ons troi dari hari sebelumnya. Sebelum akhirnya ditutup menguat pada sesi Eropa, emas sempat terkoreksi ke level US$ 1.265,50 per ons troi. Namun selama sepekan terakhir harganya masih tertekan hingga 0,68%.

Putu Agus Pransuamitra, Analis PT Monex Investindo Futures melihat posisi emas berbalik arah terjadi setelah Catalonia mendeklarasikan kemerdekaannya atas Spanyol. Hal ini bertentangan dengan keputusan pemerintah Spanyol yang mencabut otonomi yang diberikan terhadap Catalonia.

“ Deklarasi kemerdekaan Catalonia memicu permintaan safe haven,” ujarnya kepada Kontan, Minggu (29/10).

Di lain pihak, Deddy Yusuf Siregar, Analis PT Asia Tradepoint Futures lebih melihat emas sedikit mendapat dorongan dari rilis data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) di kuartal III. Pada kuartal III 2017, pertumbuhan ekonomi AS berada di level 3% padahal di kuartal II 2017 dicapai level 3,1%.

“Meski di atas ekspektasi pasar tetapi hasilnya masih lebih rendah dari bulan lalu,” tandasnya.

Dengan tren bearish harga emas seperti sekarang ini, sejumlah analis menyarankan investor untuk menahan (hold) portofolionya. Mereka meyakini di akhir tahun ini, harga emas masih berpeluang untuk kembali menguat.

Deddy Yusuf Siregar, Analis PT Asia Tradepoint Futures menyarankan calon investor yang hendak membeli emas fisik sebaiknya menunggu hingga akhir tahun. Ia melihat ada peluang untuk menjual aset pada akhir tahun.

“Tapi, kalau pasar berjangka, kita bisa ambil keuntungan, ambil posisi jual,” sarannya, akhir pekan ini.

Sedangkan, Putu Agus Pransuamitra, analis PT Monec Investindo Futures menyarankan calon investor yang hendak masuk emas berjangka sebaiknya menahan diri hingga pekan depan, ketika pengganti Ketua The Fed Janet Yellen diumumkan. Setidaknya dengan diumukannya siapa yang akan menduduki pucuk pimpinan The Fed berikutnya akan mengurangi tekanan pada harga emas.

“Kalau untuk emas fisik saya rasa masih layak dipegang,” imbuhnya.

Source : kontan.co.id