Bursa saham di negara Amerika Serikat berakhir dengan sebagian besar berada pada posisi flat pada perdagangan yang berjalan tadi malam. Di tengah ramainya pelaku pasar yang sedang mencerna data ekonomi terbaru menjelang laporan utama mengenai data pekerjaan akhir pekan ini.

KONTAK PERKASA FUTURES – Mengutip data dari CNBC, Dow Jones Industrial Average menguat 18,42 poin atau setara dengan 0,1% menjadi berada di level 18.419,30, dengan saham Wal-Mart yang memimpin penguatan dan American Express yang paling terpuruk.

Indeks S & P 500 mengalami penurunan sebesar 0,09 poin dengan utilitas memimpin empat sektor yang berada pada posisi lebih rendah dan teknologi informasi berada diposisi paling atas. Sementara itu, indeks Nasdaq mengalami peningkatan sebesar 13,99 poin atau setara dengan 0,27% menjadi berada di level 5.227,21 .

Data yang terbaru menunjukkan aktivitas pada manufaktur AS kontraksi pada bulan Agustus setelah tumbuh dalam kurun waktu lima bulan berturut-turut. Meningkatnya resiko pertumbuhan ekonomi di negara AS pada kuartal ketiga mungkin lebih lemah dari perkiraan sebelumnya.

Institute for Supply Management (ISM) dalam laporannya juga menyebutkan indeks manufaktur (PMI) tercatat 49,4, yang berarti mengalami penurunan sebesar 3,2 poin dari angka Juli yaitu pada angka 52,6.

Di mana, angka di atas 50 memiliki arti yang mengindikasikan sektor ini secara umum cukup berkembang, sementara itu angka di bawah tingkat tersebut menunjukkan adanya kontraksi.

Indeks pesanan baru mengalami kejatuhan 7,8 poin dari bulan sebelumnya menjadi berada di level 49,1, indeks produksi turut mengalami penurunan sebesar 5,8 poin menjadi berada di level 49,6 dan indeks kerja turut mengalami penurunan sebesar 1,1 poin menjadi berada di level 48,3.

Dari 18 industri manufaktur yang ada, hanya enam industri manufaktur saja yang melaporkan pertumbuhan pada bulan Agustus kemarin. Para analis pun percaya bahwa sektor manufaktur di negara AS tetap berada pada posisi yang lemah, karena para pelaku bisnis ternyata tetap berhati-hati dalam mengambil langkah langkah untuk investasi dan keuntungan.

Source : kontan.co.id