KONTAK PERKASA FUTURES – Vegetarian biasanya suka kesulitan mencari tempat makan. Tapi tak perlu khawatir, sebab kini ada usaha online yang menjual nasi kotak dengan berbagai macam lauk vegetarian. Anda cukup memesan, masakan akan diantarkan ke lokasi Anda!

Penyanyi jazz Dira Sugandi sekarang terjun ke dunia kuliner. Sesudah menjadi vegetarian mulai awal tahun 2016, Dira mencoba mengajak masyarakat untuk melakukan merubah kebiasaan dengan pola makan barunya dengan mendirikan ‘Dapur Neng Dira’.

Dapur Neng Dira menyediakan masakan khas Sunda, yaitu nasi tutug oncom, nasi timbel, serta nasi bakar jamur dengan lauk juga pelengkap yang tidak menggunakan bahan hewani. Hidangan-hidangan tersebut dikemas dalam kotak bekal plastik dan dijual seharga Rp 26.000 per kotak.

Nasi tutug oncom atau nasi TO, nasi timbel, serta nasi bakar jamur sekilas sama. Ketiganya berbahan dasar beras merah dan dibungkus dmenggunakan daun pisang. Pelengkap utamanya berupa soun goreng juga oseng jamur manis pedas. Selain itu juga terdapat mentimun, selada, kerupuk, sambal, dan bakwan jagung, tahu, serta tempe goreng.

Nasi timbel tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dengan bentuk terpelang yang terbuka di bagian atasnya. Walaupun menggunakan beras merah, rupanya teksturnya tak pera tapi empuk pulen. Sepertinya karena beras merah yang digunakan sudah disosoh.

Nasinya tidak polos layaknya nasi timbel pada umumnya. Terdapat rasa gurih yang terasa bersama aroma wangi yang khas. Hmm, mungkin berasnya dimasak dengan santan, daun salam, serta kencur. Enak!

Nasi tutug oncom pun dibungkus dengan bentuk yang sama. Tapi, pada nasinya terdapat butiran-butiran hitam serta kuning kecokelatan. Nasi merah diaduk dengan oncom hitam dan bumbu kencur, bawang putih, serta sedikit cabai merah. Terkadang ada tekstur garing tergigit. Ternyata, nasinya juga dicampur bersama kerupuk yang dihancurkan!

Dibanding dengan dua menu sebelumnya, nasi bakar jamurlah yang paling gurih. Nasi dibungkus menggulung lalu disemat lidi di kedua sisinya sebelum dibakar di atas api. Aroma gurih tercium saat bungkusnya dibuka walau nasi tak dipanaskan lagi.

Rasa gurih santan langsung terasa pada suapan pertama. Ada juga wangi surawung (kemangi) yang bercampur dengan aroma daun pisangyang terbakar. Didalam nasinya juga ada jamur tiramnya. Sedap…

Nasi berbumbu pastilah cocok dipadukan dengan lauk simpel diantaranya soun goreng yang elastis serta oseng jamur yang kenyal. Jamur tiramnya yang memiliki warna cokelat terasa manis karena dimasak menggunakan kecap. Ada rajangan cabai merah agar memberikan sedikit rasa pedas pada jamur.

Jika suka pedas, coba sambalnya. Campuran cabai rawit merah serta bawang akan memberikan rasa panas di lidah walau dicicipi sedikit saja! Seuhah!

Nasi kotak tersebut cocok untuk menu buka puasa, atau makan siang di kantor kalau di hari-hari lain. Apabila ingin memesan untuk acara diantaranya syukuran atau buka puasa bersama, Anda dapat memesan nasi tumpeng tutug oncom yang dilengkapi dengan aneka lauk.

Dapur Neng Dira juga menyediakan macam-macam hidangan vegetarian lainnya, seperti crispy shroomy (jamur goreng tepung), spicy tofu, sambal lengking, serta parfait dalam botol selai, raw nut milk, dan green smoothies. Terbukti, makanan vegetarian juga bisa enak!

Source : detik.com