Emas berjangka melompat setelah sebuah laporan pada pertumbuhan ekonomi AS datang lebih lemah dari yang diharapkan, mendorong dolar lebih rendah dan menyediakan dukungan untuk logam mulia.

KONTAK PERKASA FUTURES – Divisi Comex New York Merchantile Exchange, spot commodity emas untuk pengiriman Desember naik 0.63% di level $1.349.65 troy ons. Emas berada dalam jalur keuntungan mingguan yang pertama dalam tiga minggu. Produk domestik bruto tumbuh pada tingkat tahunan secara musiman disesuaikan di level 1,2% pada Q2, seperti yang dirlis oleh Departemen Perdagangan hari ini.

Laporan Bureau of Economic Analysis, Advanced GDP AS naik menjadi 1.2% dari kuartal sebelumnya di level 1.1%. Para analis memproyeksikan GDP naik di level 2.6%. Sedangkan advance GDP price indeks naik di level 2.2% dari 0.4%. Dari data PDB yang lemah mungkin untuk Fed berasalan lagi untuk pindah hati-hati dalam rencananya dalam menaikkan suku bunga.

Data lainnya, commodity chicago PMI di bulan Juli terpantau menurun di level 55.8 dari bulan sebelumnya di level 56.8. Analis memproyeksikan secara musiman turun di level 54.3. Sedangkan indeks sentimen konsumen AS mengalami kenaikan di bulan Juli di level 90.0 dari bulan sebelumnya di level 89.5. Sebelumnya, di awal perdagangan, emas telah memperoleh momentum dari keputusan Bank of Japan yang terus menggunakan benchmark suku bunga negatif dan membeli program obligasi tidak berubah.

Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak naik 0.25% di levle $20.248 troy ons, namun tembaga turun -0.23% di level 2.204 troy pound.

Source : financeroll.co.id