Cek kadar gula darah bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, patut diingat untuk mendapatkan hasil yang akurat, perlu dilakukan prosedur yang tepat. Bagaimana caranya?

Diungkapkan dr Benny Kurniawan, marketing manager Accu-Check, pemeriksaan gula darah mandiri terdiri dari tiga tahap. Pertama, tahap persiapan atau pre-analytic yakni bagaimana menggunakan alcohol swab dan sampling darah. Kemudian tahap analitik yakni bagaimana pasien menggunakan strip yang dipasang ke glukometer lalu glukometer bekerja. Ketiga, tahap post-analitic yakni bagaimana pasien membaca hasil pemeriksaan.

“Pada tahap persiapan, pasien harus mensterilkan jarinya yang mau ditusuk dengan jarum. Jari mana saja boleh, kiri atau kanan terserah. Dulu kalau teknologi kuno bolehnya di tiga jari tengah, kelingking dan jempol nggak boleh. Karena dulu kan jarumnya dalam dan takutnya terjadi infeksi, bisa menyebar,” kata dr Benny.

KONTAK PERKASA FUTURES – “Tapi sekarang kan sudah modern. Jarumnya dangkal dan tidak nyeri. Setelah menggunakan alcohol swab (yang dijual dalam bentuk sachet kecil) atau kapas dan alkohol, tunggu jari kering 5 sampai 10 detik,” tambah dr Benny usai Workshop Sosialisasi Panduan PGDM untuk Mencapai Target Pengendaloan Diabetes di Indonesia di JW Marriott Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2016).

Saat mensterilkan jari, kapas atau alcohol swab cukup dioleskan saja di jari. Kemudian, jangan keringkan jari dengan meniupnya. Nah, sambil menunggu jari kering, persiapkan alat lalu pasang strip di glukometer, lalu ambil alat pencoblos dan setelah darah keluar, segera teteskan di bantalan strip.

Sebelum menusuk jari, disarankan untuk membendung darah yakni urut satu kali jari ke arah atas kemudian tahan hingga jari menggembung dan berwarna kemerahan. Mengapa darah mesti dibendung? Dikatakan dr Benny, jika tidak dibendung ada kemungkinan darah tidak keluar. Setelah darah keluar, jari tidak perlu ditekan-tekan karena dikhawatirkan nanti cairan yang bukan darah akan ikut keluar hingga terjadi pengenceran.

“Kalau terjadi pengenceran nanti hasilnya rendah. Sebaliknya, kalau alkohol di jari masih banyak terus jari sudah keburu ditusuk, kan bercampur tuh alkohol dan jarinya, hasilnya jadi tinggi. Untuk meneteskan darah pun sebetulnya nggak sampai butuh satu tetes ya, seperempat tetes sudah cukup. Yang penting tersentuh bantalan stripnya,” tutur dr Benny.

Source : detik.com