KONTAK PERKASA FUTURES – Layaknya merawat alat elektronik dapur lainnya, kita juga harus merawat dan membersihkan blender secara telaten.

Perawatan dan cara pemakaian blender yang benar dapat membuat blender panjang umur.

Hasilnya, anda tidak perlu menyervis blender atau bahkan membeli blender baru.

Soleh Asagap, Product Manager dari blender Bugatti Vento mengatakan bahwa kunci merawat blender terletak pada pembersihan dan perawatannya.

Banyak pemilik blender melewatkan hal kecil yang dapat memperpanjang umur blender. Padahal, hal tersebut tak sulit untuk dilakukan.

Dalam pencucian, ternyata tidak seluruh bagian blender harus dibilas. Bagian bawah membersihkan blender merupakan bagian yang terkoneksi dengan mesin blender ketika dipakai sehingga tidak perlu dicuci.

“Lebih baik kita mencuci dan membilas dahulu bagian dalam jar dan bagian luar dalam keadaan berdiri. Bagian bawah blender cukup dilap,” kata Soleh.

Untuk mencuci bagian bawah blender, anda dapat menggunakan lap yang lembab.

Jika kotoran tetap membandel, kita dapat menggunakan sikat gigi atau sikat kecil yang lembut dalam keadaan lembab untuk membersihkannya. Setelah itu, bagian tersebut dapat dilap dengan lap basah.

Lain halnya apabila kotoran yang membandel ada di bagian dalam jar blender.

Sebelum dicuci, blender dapat kita isi dengan air dan dinyalakan selama satu menit. Kotoran akan terbilas air yang berputar di dalam blender.

“Akan lebih baik lagi apabila kita selalu melakukannya dalam mencuci blender untuk memastikan membersihkan blender benar-benar bersih. Cara ini juga dapat digunakan sebelum mengoperasikan blender agar kita terhindar dari kotoran yang menempel setelah blender dicuci. Untuk keperluan tersebut, air cukup diblender selama 30 detik,” kata Soleh.

Untuk merawat bagian mesin blender, kita dapat melakukannya dengan cara mencabut kabel listrik blender dari stop kontak ketika tidak dipakai. Selain dapat memperpanjang umur blender, cara ini membantu kita dalam menghemat listrik.

Selain itu, perawatan blender juga mencakup cara kita dalam menyimpannya.

Tak hanya membuat blender awet, hal ini juga menghindarkan blender dari bau tak sedap. Kuncinya adalah menyimpan alat rumah tangga ini dalam keadaan benar-benar kering. Tak ada salahnya berinvestasi dalam kain lap dengan kualitas yang lebih bagus.

“Kain lap yang baik di antaranya adalah kain kanebo dan kain dengan kadar fiber yang tinggi. Kain-kain tersebut dapat menyerap air lebih baik,” tutup Soleh.

Bagaimana, tidak sulit bukan merawat blender anda sendiri?

Source : tribunnews.com