KontakPerkasa Futures – Bursa Saham Jepang sesi 1 menguat setelah Federal Reserve menyatakan bahwa suku bunga kemungkinan akan tetap bertahan untuk waktu yang lebih lama, sehingga hal tersebut mendorong ekuitas AS.
Inpex Corp. menguat 4%. Koei Tecmo Holdings Co. melonjak 3.8%. Ono Pharmaceutical Co. naik 1.5%. Sementara Asics Corp. merosot 1.5%.
Indeks Topix menguat 1.2% ke level 1,579.3 pada sesi 1 di Tokyo dengan 31 dari 33 grup industri menguat. Sementara Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 1.2% ke level 19,620.37. Sedangkan yen diperdagangakn di level 119.58 per dolar setelah kemarin turun 0.5%. Di lain pihak Bursa Saham AS mendulang gain setelah Kepala The Fed New York William C. Dudley menyatakan bahwa laju kenaikan suku bunga kemungkinan akan rendah setelah The Fed mulai untuk memperketat kebijakan moneter.
Komentar Dudley pada hari Senin kemarin mengikuti  data ekonomi AS yang melambat dari yang diperkirakan sebelumnya. Rilis data kemarin menunjukkan pertumbuhan pada industri sektor jasa di bulan Maret melambat dibanding bulan sebelumnya. Sementara di hari Jumat rilis data menunjukkan para pengusaha di AS hanya mencetak tipis pada lapangan pekerjaan dalam kurun waktu setahun terakhir. (bgs)
Sumber : Bloomberg