KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa Eropa dibuka menguat, Senin (31/7) di tengah antisipasi rilis data ekonomi utama Eropa. Pelaku pasar juga mencermati laporan kinerja keuangan perusahaan.

Mengutip CNBC, Senin, indeks Stoxx 600 naik 0,33% didukung hampir seluruh sektor yang menguat. Saham sektor mineral dengan eksposur ke China mencatatkan kenaikan lebih dari 1,4%. Sementara, FTSE 100 dibuka menguat 0,43%, dan DAX naik 0,05% pukul 15.12 WIB.

Asal tahu saja, bursa saham China melonjak pada hari ini setelah sejumlah perusahaan terkemuka memperkirakan pendapatan tengah tahun ini cukup kuat, data ekonomi menunjukkan pertumbuhan.

Saham perbankan Eropa juga bergerak menguat di tengah rilis pendapatan bank yang lebih baik dari perkiraan. HSBC, bank terbesar di Eropa, melaporkan kinerja keuangan yang mengalahkan perkiraan pada paruh pertama 2017.

Hari ini, pasar Eropa akan disetir rilis data inflasi inti zona euro bulan Juli. Mengutip CNBC, Senin, inflasi diperkirakan akan stabil sekitar 1,3%.

Di sisi lain, investor tetap mewaspadai krisis geopolitik setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal pada Jumat lalu. Pyongyang mengatakan telah membuktikan kemampuannya untuk menyerang daratan Amerika Serikat, yang membuat Washington merespons dengan menerbangkan dua bom di atas semenanjung Korea pada Minggu.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mendarat di zona hijau setelah bergerak liar sejak awal perdagangan Senin (31/7). Indeks ditutup naik 9,91 poin atau 0,17% ke level 5.840,94.

Mengutip RTI, lima sektor saham naik berbanding lima sektor lainnya yang tumbang. Sektor konstruksi dan perdagangan mendukung indeks dengan kenaikan masing-masing 1,38% dan 1,21%.

Sedangkan, sektor barang konsumsi dan pertambangan turun paling tajam yaitu masing-masing 1,25% dan 1,21%.

Tercatat, 173 saham berhasil naik, sedangkan 172 saham terkoreksi.

Bloombeg mencatat, Senin, tiga saham yang berkontribusi paling besar pada laju indeks, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), diikuti PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). Kenaikan ketiga saham tersebut menyumbang masing-masing 6,20 poin, 5,86 poin dan 4,05 poin terhadap kenaikan IHSG.

Transaksi sepanjang hari ini melibatkan 7,27 miliar lot saham. Adapun, total transaksi mencapai Rp 7,55 triliun. Pemodal asing mayoritas melakukan aksi beli dengan nilai pembelian bersih Rp 306,62 miliar. Sedangkan investor domestik justru mencatatkan penjualan bersih senilai Rp 300 miliar.

Source : kontan.co.id