PT KONTAK PERKASA – Bursa Asia bergerak bervariasi jelang keputusan moneter Reserve Bank of India.

Mengutip CNBC, Rabu (4/10), indeks Nikkei 225 dibuka naik 0,23% ke level  20.662,48. Indeks Topix menguat 0,1%.

Sementara, indeks Australia ASX 200 turun 0,6% ke level 5.667,40 pada awal perdagangan. Koreksi indeks terutama dipicu sektor energi dan keuangan yang masing-masing melorot 1% dan 0,78%.

Adapun, bursa saham China dan Korea Selatan masih ditutup karena hari libur.

“Pasar saham Australia menghadapi ujian hari ini. Setelah indeks utama underperforming pada September, pelemahan kembali terjadi pada perdagangan kemarin,” kata Michael McCarthy, Kepala strategi pasar di CMC Markets, dalam sebuah catatan pagi seperti dilansir CNBC.

Hari ini perhatian pasar fokus pada pengumuman kebijakan moneter Reserve Bank of India (RBI). Banyak analis memperkirakan bank sentral akan menjaga tingkat bunga tetap sebesar 6%.

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa, meskipun RBI menahan suku bunga, sejumlah ekonom meyakini bank sentral mungkin menurunkan target pertumbuhan setelah penerapan pajak barang dan jasa yang baru di negara ini.

Di sisi lain, indeks dollar spot bertahan di kisaran sebelumnya, yaitu 93,55.

Bursa Asia bergerak bervariasi pada awal perdagangan jelang keputusan moneter Reserve Bank of Australia (RBA), Selasa (3/10).

Mengutip CNBC, indeks Nikkei 225 naik 0,32% menjadi 20.465,83, dan indeks Topix menguat 0,39% ke posisi 1.680,11.

Di Australia, ASX 200 dibuka melorot 0,31% ke level 5.711,70. Sedangkan, pasar Korea Selatan dan China masih ditutup karena libur publik.

Pasar saham Asia tidak kompak menguat, meskipun Wall Street mencetak rekor semalam. Pasalnya, investor mengantisipasi kebijakan moneter RBA yang akan dirilis Selasa malam waktu setempat.

“Sebagian besar fokus hari ini pada RBA dan apa pernyataan yang disampaikan terkait ekonomi,” kata David de Garis, Direktur ekonomi National Australia Bank, dalam catatan pagi seperti dilansir CNBC.

David berharap, bank sentral mengakui ekonomi domestik yang terus berkembang dan memberi RBA lebih percaya diri bahwa pertumbuhan sedang berlangsung.

Source : kontan.co.id