KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa Asia memulai pekan ini berada di zona hijau setelah melemahnya yen sehingga menunjang laju saham Jepang. Sedangkan, pelaku pasar juga sedang menanti pertemuan Bank of Japan (BOJ) dan bank sentra Amerika Serikat (AS) The Fed pekan ini.

Dilansir dari Bloomberg, Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% menjadi 134,14 pukul 09.01 pagi waktu Tokyo, Senin (25/7). Dengan penguatan yang dipimpin oleh saham berbasis keuangan.

Sebelumnya, muncul spekulasi BOJ akan menambah stimulusnya di penghujung pertemuan dua hari pada tanggal 29 Juli mendatang. “Pasar akan tunggu dan lihat minggu ini menjelang pertemuan Fed dan BOJ dengan harapan sentimen dovish,” ujar Vasu Menon, vice-president for wealth management research at Oversea-Chinese Banking Corp dilansir dari Bloomberg.

Bursa asia Indeks Topix Jepang menguat 0,3 % dipicu melemahnya yen yang ditransaksikan pada level 106,28 terhadap dollar. Ekspor Jepang menurun kembali pada bulan Juni dengan aktivitas pengiriman yang turun selama sembilan bulan berturut-turut, dari data yang ditunjukkan pemerintah.

Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,2 %. Indeks S & P / ASX 200 Australia naik 0,1 %. Indeks S & P / NZX 50 Selandia Baru menguat 0,3 %. Pasar di China dan Hong Kong belum membuka perdagangan saat berita ini dituliskan.

Source : kontan.co.id