Macet! mungkin ini adalah suatu hal yang lazim kita temukan di kota-kota besar di Indonesia. Semua kemacetan itu tidak lain adalah disebabkan oleh kendaraan bermotor. Asal kalian tahu, Indonesia adalah negara dengan presentase penjualan kendaraan bermotor terbesar Jepang, Makanya jalanan di kota kita ramai sekali, sesak dipenuhi kendaraan bermotor. Alhasil bukan saja kemacetan, kecelakan jalanan juga banyak sekali. Hmm miris banget ya Sobat Kontak. Tapiii…. di Indonesia juga masih ada loh kota yang tidak mempunyai kendaraan bermotor (tidak termasuk daerah pedalaman), kota tersebut adalah Kota Gili Trawangan!!!

Nah Kota Gili Trawangan ini terletak di Pulau Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di Kota wisata yang sudah dikenal oleh para wisatawan manca negara ini memang ada peraturan yang tidak memperbolehkan beroperasinya kendaraan bermotor. Aturan ini sangat efektif, dan membuat kota wisata ini bebas dari polusi. Satu-satunya kendaraan di kota ini yaitu hanya dengan kereta kuda yang biasa disebut Cidomo. Atau jika kita ingin lebih menikmati kota ini, disana juga tersedia penyewaan sepeda.

Tanpa adanya kendaraan bermotor ini tentunya memberikan kota ini suatu nilai yang tak kita bisa dapatkan di kota lain. Suasana alam yang masih asri menjadikan kota ini sebagai kota yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Lombok, karena bukan hanya pantai nya saja yang masih bagus, kota nya pun memiliki daya tarik sendiri yang membuat kita betah disana^^