Beberapa jam yang lalu banyak sekali media yang mengabarkan Bos Cipaganti (PT. Cipaganti Citra Graha.tbk), Andianti Setiabudi di amankan polisi atas tuduhan penipuan dan penggelapan dana. Kabarnya Andianti berhasil menggelapkan 8.700 dana nasabah mitra usaha di koperasinya yaitu Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada. Karena penangkapan ini, kabarnya saham cipaganti turun derastis sebanyak 28% yang otomatis membuat semua pemegang saham cipaganti berkumpul untuk menangani penurunan ini. Selain Andianto, POLDA Jabar juga menahan 2 komisaris Cipaganti group yaitu Julia Sri Redjeki dan Yulinda Tjendrawati.

Usut demi usut, Koperasi yang menjanjikan keuntungan sebesar 1,5% per bulan dari biaya investasi minimal Rp. 100jt itu kabarnya belum memiliki ijin untuk usaha investasi. Berita ini langsung dari Menteri Koperasi dan UKM yaitu Syarif Hasan, katanya kasus perijinan investasi ini sedang dipelajari. Dalam beberapa tahun sebelumnya koperasi ini juga sempat di singgung kalau koperasi cipaganti itu kantor investasi bodong, namun mereka berhasil menampik isu itu. Namun seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya kedok cipaganti terbongkar juga.

Sedikit tips nih dari KPF, jika kalian ingin menginvestasikan dana anda maka pilihlah perusahaan yang benar-benar memiliki ijin yang lengkap, seperti ijin dari BAPPEBTI, KBI (Kliring Berjangka Indonesia) dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Biasanya legalitas perusahaan tersebut suka dimuat dalam buku perjanjian yang akan anda tanda tangani. Selain itu, untuk membuktikan kebenaran legalitas perusahaan itu anda juga bisa mengunjungi website resmi lembaga pemerintah tersebut untuk membuktikan kebenarannya bahwa kantor tersebut sudah terdaftar di lembaga pemerintahan^^