KONTAK PERKASA FUTURES – BOE. Emas futures ditutup menguat semalam sesudah Bank of England memberitakan penurunan suku bunga yang pertama kalinya sejak tahun 2009 serta mengeluarkan langkah-langkah stimulus baru agar mendorong ekonomi negara tersebut sesudah mereka keluar dari Uni Eropa.

Emas pada kontrak bulan Desember menguat $ 2,70 atau setara 0,2% dan menetap pada level $ 1.367,40 per ons. Logam mulia yang lain ditutup lebih rendah, dengan perak futures untuk pengiriman September sedikit menurun yaitu 3 sen atau setara 0,1% menjadi berada pada level $ 20,44, serta tembaga untuk bulan September melemah 3 sen atau setara 1,1% menjadi berada di level di $ 2,17 per ons.

BOE memotong suku bunga pinjaman utamanya sejumlah seperempat persentase poin menjadi 0,25% serta mengumumkan berbagai macam langkah-langkah, termasuk menghidupkan kembali yaitu program pembelian obligasinya. Walaupun penurunan suku bunga telah diprediksikan sebelumnya, langkah-langkah stimulus tambahan tersebut mengejutkan pasar serta memberikan sentakan bagi aset haven.

Harga emas (XAUSUD) mendapatkan dorongan penguatan yang cukup signifikan sesudah agenda Bank of England (BoE) berlangsung. Pergerakan penguatan yang cukup cepat menyebabkan harga komoditas ini berada pada level 1364.80, mendekati level tertinggi sesi hari Selasa di level 1367.05. Sejauh ini potensi pada target tersebut masih terlihat walaupun hampir satu jam ini sudah mulai ada terlihat indikasi koreksi.

Pada grafik 15-menit posisi harga emas cenderung berada di atas support dinamis terdekat pada area 1359.00. Di sesi Amerika harga emas masih bisa melanjutkan pergerakan naik jika terbukti support tersebut mampu untuk tetap menunjang potensi bullish intraday komoditas ini.

Source : financeroll.co.id