KONTAK PERKASA FUTURES – Selama ini banyak ahli kopi menyarankan penggunaan biji kopi segar untuk bisa hasilkan rasa kopi yang lebih nikmat. Tetapi hasil dari penelitian terbaru menemukan bahwa biji kopi yang sudah dibekukan ternyata kualitasnya adalah lebih baik.

Para peneliti di Universitas Bath, Inggris mengungkap biji kopi yang sudah dibekukan akan memiliki kualitas lebih bagus untuk digiling. Ini sehubungan proses penggilingan yang lebih rata dan partikel halus yang dihasilkannya.

Penggilingan biji kopi beku memastikan secangkir kopi rasanya lebih nikmat karena tiap biji kopi diekstrak dengan kecepatan sama. Penggilingan partikel yang lebih halus juga turut membuat cita rasa kopi lebih menonjol meski biji kopi yang digunakan lebih sedikit dari biasanya.

Para peneliti tersebut bekerja sama dengan kedai kopi lokal Colonna and Smalls yang berlokasi di Bath untuk melakukan studi. Mereka menguji biji kopi pada suhu lebih dingin. Dimulai dengan temperatur setara ruangan lalu beranjak ke temperatur yang lebih dingin setara nitrogen cair yaitu -196 C.

Hasilnya, semakin dingin biji kopi yang akan digiling maka semakin seragam partikel yang dihasilkan setelah kopi digiling. Hal ini juga akan berdampak pada rasa kopi lebih enak secara keseluruhan.

Peneliti meyakini hasil penelitian ini akan berdampak besar pada industri kopi. Termasuk untuk kedai kopi lokal dan jaringan kedai kopi internasional seperti Starbucks dalam mengolah biji kopinya.

Huffington Post (15/6) meminta kedai kopi Stumptown Coffee Roasters yang berbasis di Portland, Amerika Serikat ikut mengomentari temuan ini. “Kami belum pernah bereksperimen membekukan biji kopi sebelum digiling,” ujar Josh Groff, sebagai perwakilan dari Stumptown.

Ia menekankan prinsip Stumptown dalam menghasilkan kopi enak adalah kualitas biji kopi. “Semakin bagus kualitas biji kopi yang digunakan di awal, maka hasilnya akan lebih enak. Terlepas dari keseragaman penggilingan atau perlakuan pada biji kopi sebelum digiling. Kualitas biji kopi yang lebih bagus menghasilkan kopi yang lebih enak,” pungkas Groff. – KONTAK PERKASA FUTURES

Source : detik.com