KONTAK PERKASA FUTURES – Dalam hitungan minggu, publik akan segera menikmati bandara terbaru dari Angkasa Pura II (AP II), Terminal 3 Ultimate yang rencananya akan segera dioperasikan sebelum lebaran tiba.

Berbagai persiapan telah digenjot AP II, tidak ketinggalan persiapan untuk soft launching nanti yang rencananya akan dilakukan 15-20 Juni 2016 nanti. Secara khusus, Direktur AP II Budi Karya Sumadi menyampaikan progres persiapan bandara ini menyambut pembukaan nanti.

“Terminal 3 Ultimate sekarang sedang finalisasi. Seperti rencana besok Garuda akan melakukan suatu comissioning, uji coba check-in, bagasi, jam 10. Kita harapkan berlangsung baik,” ujarnya di Restoran Cawan Putih, Sabang, Jakarta, Selasa (31/05/16).

Uji coba ini rencananya akan terus dilakukan dalam rentang 15 hari ke depan, sebelum melakukan soft launching. Terminal 3 Ultimate diproyeksikan menjadi suatu beranda untuk menjadi representative dari negara Indonesia. Panggung budaya mulai dari lukisan, tarian, makanan, akan ditampilkan untuk mencapai harapan tersebut.

“Terminal 3 Ultimate harus menjadi panggung budaya dari bangsa Indonesia. Konsep suatu bandara adalah beranda dari suatu negara. Soekarno-Hatta adalah beranda Indonesia yang memungkinkan semua tamu dari mancanegara melihat kesana,” tambahnya.

Budi mengaku, AP II telah melakukan suatu rangkaian kegiatan untuk menghimpun banyak seniman membangun panggung budaya tersebut mulai dari lukisan, patung dan karya seni lain.

“Kalaupun mereka tidak membeli, paling tidak terminal 3 Ultimate menjadi tempat yang entertaining yang sangat indah,” imbuhnya.

Hal ini juga diamini oleh salah satu seniman yang akan mengisi panggung budaya tersebut, Sardono W Kusumo.

“Ada atmosfer berbeda ketika berada di bandara, khususnya terminal 3 Ultimate yang bangunannya sangat tinggi. Bagaimana imajinasi akan bekerja kalau dikasih suasana. Suasana keragaman budaya. Saya membayangkan bandara itu nantinya akan banyak muncul surprise, kreasi, dan lain-lain. Intinya bagaimana memberikan pemberdayaan pada orang yang ngumpul itu. Tidak cuma menunggu,” katanya.

Saat pembukaan nanti, akan ada 7 karya seni yang permanen dan 4 karya seni non permanen yang akan dipamerkan. Ada lukisan futuristik yang panjangnya 20 meter dan dipadukan dengan lukisan lainnya yang berkonsep tradisional. Ada pula karya seni I Nyoman Nuarta, patung Garuda, patung Seulawah (pesawat tahun 45) yang dibatik.

Ke depan, AP II juga merencanakan penerbangan domestik dan internasional maskapai Garuda Indonesia akan pindah ke terminal 3. Air Asia ke terminal 2, Lion Air terminal 1.

Future nya kita akan atur semua penerbangan internasional akan pindah ke terminal 3 di Maret 2017,” kata Budi.

Source : detik.com