Emas merosot ke delapan bulan rendah pada hari Senin setelah Federal Reserve minggu lalu menaikkan perkiraan untuk suku bunga tahun depan, dan analis Barclays berpikir bahwa harga akan menuju ketempat yang lebih rendah.

Emas berjangka Desember diperdagangkan pada posisi $ 1,222.10 per ounce Jumat pagi pekan lalu di Comex, turun $ 4,80 dari posisi hari Kamis sebelumnya. Sebelumnya harga  menyentuh terendah di $ 1,216.30. Harga mencatat low baru di bawah $1,207,00 Senin lalu.

Barclays berpikir bahwa tingkat suku bunga dan dolar akan menempatkan emas berada di bawah tekanan.

‘Kenaikan suku bunga dan penguatan dolar secara signifikan memberikan hambatan utama, yang siap untuk mengantisipasi setiap penguatan musiman pada permintaan fisik tahun ini,’ kata analis logam mulia Barclays, Suki Cooper, menurut MarketWatch.

Barclays memprediksi bahwa emas akan berada di rata-rata $ 1.220 pada kuartal ini, $ 1270 untuk tahun 2014 secara keseluruhan dan di $ 1180 untuk tahun 2015.

Adapun terkait suku bunga, pembuat kebijakan the Fed pada Rabu minggu lalu meningkatkan perkiraan rata-rata mereka untuk tingkat suku bunga federal menjadi 1.375 persen pada akhir 2015 dari 1.125 persen pada bulan Juni lalu.

The Fed telah mempertahankan target suku bunga pada rekor rendah dari nol hingga 0,25 persen sejak Desember 2008.

Tingkat suku bunga yang lebih tinggi akan menekan harga emas dengan menjaga inflasi di bawah kendali, dan logam mulia sering bergerak pada arah yang berlawanan dari dolar. (brc)

Sumber : newsmax