PT Kontak Perkasa Futures – Pada Jumat 17 Juni 2016, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,43% menjadi 4.835,14. Namun, penguatan akhir minggu ini belum bisa menutup penurunan 0,69% seminggu. Asing mencatat pembelian bersih Rp 990,65 miliar di minggu lalu.
Analis Millenium Danatama Sekuritas, Muhammad Al Amin, memperkirakan, IHSG hari ini akan menguat di rentang 4.779 – 4.868. Berdasarkan perkiraan Amin, sentimen penguatan masih berasal dari penurunan BI rate serta pelonggaran aturan LTV.

Tapi, masih ada faktor luar yang diwaspadai. “Tanggal 23 nanti terdapat referendum Brexit, kalau Inggris keluar dari Uni Eropa, hal tersebut akan menjadi sentimen negatif,” ucap Amin.

Analis Philip Securities, Milka Mutiara, memperkirakan, IHSG Senin akan bearish dengan rentang 4.790-4.850. Berdasarkan perkiraan Milka, akibat penurunan BI rate hanya terasa di saham sektor properti.

“Sektor lain tidak signifikan dan masih minim sentimen dalam negeri,” ucap Milka.

Analis Asjaya Indosurya, William Surya Wijaya, memperkirakan, IHSG akan menguat pada rentang 4.802 – 4.886. Berdasarkan perkiraan William, penguatan indeks didukung oleh penurunan BI rate serta capital inflow.

“Kurs rupiah yang masih stabil juga menjadi penunjang pola gerak IHSG,” ucap William.

Source : kontan.co.id