Source : kompas.comData terbaru pangsa pasar sistem operasi smartphone dari firma riset Gartner menunjukkan duopoli yang semakin dominan dari Android dan iOS. Bahkan, keduanya, jika digabungkan, menguasai nyaris seluruh pangsa pasar ponsel di dunia.

Dikutip KompasTekno dari MacRumors, Jumat (19/8/2016), Android dan iOS mencatat rekor pangsa pasar dunia 99,1 persen, jika digabungkan pada kuartal ke-II 2016.

Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, torehan keduanya baru 96,8 persen.

Android tentu saja menjadi sistem operasi paling dominan dengan pangsa pasar 86,2 persen. Pasalnya, ia dipakai oleh lebih banyak vendor ponsel dari yang termurah hingga mahal. Sebanyak 296,9 juta smartphone Android beredar di dunia saat ini.

Sementara iOS yang eksklusif dipakai dalam perangkat ponsel buatan Apple, memiliki pangsa pasar 12,9 persen dengan 44,3 juta ponsel yang beredar.

Gartner Pangsa pasar OS mobile dunia kuartal II 2016.

Raihan pangsa pasar Android sendiri naik dari 82,2 persen di kuartal ke-II 2015 menjadi 86,2 persen di kuartal yang sama tahun ini.

Sementara iOS justru mengalami penurunan, dari 14,6 persen di kuartal ke-II 2015 menjadi hanya 12,9 persen di kuartal ke-II tahun ini.

Dominasi Android dan iOS di pasar ponsel dunia ini disebut pencapaian yang luar biasa, sebab enam tahun lalu, menurut situs Statista, pasar ponsel dunia masih dirajai oleh Symbian dan BlackBerry.

KONTAK PERKASA FUTURES – Kala itu, Symbian populer dipakai oleh vendor-vendor handset besar seperti Nokia, Samsung, Motorola, dan Sony Ericsson. Kini sebagian besar vendor tersebut telah beralih ke Android.

Source : kompas.com